Selasa, 07 Februari 2012

Republik Pertama di Nusantara

Jauh sebelum negara kita Republik Indonesia lahir, sebuah negara berbentuk republik sudah berdiri di bumi Kalimantan. Negeri itu dikenal dengan nama Republik Monterado .

Monterado didirikan sekitar tahun 1775 oleh persatuan orang Cina yang bermukin di daerah sekitar tambang emas di wilayah Kesultanan Sambas.

Sejak dulu, Monterado,memang dikenal sebagai ladang emas. Emas di Monterado awalnya didulang oleh penduduk lokal suku Dayak.

Sejak Kesultanan Sambas berdiri tahun 1612, ladang emas di Monterado pun mulai ditambang untuk diperdagangkan.

Untuk memenuhi permintaan akan emas, mulai tahun 1745, Sultan mendatangkan orang-orang Cina dari Tiongkok untuk dipekerjakan sebagai buruh tambang emas.

Di Monterado, ribuan orang Cina ini membentuk persatuan-persatuan yang disebut kongsi. Setiap kongsi berhak mengelola tambang emas dan membagi hasilnya dengan Sultan.

Dari hasil tambang emas, buruh tambang hidup berkecukupan. Kongsi-kongsi pun menjadi kaya dan semakin kuat.

Dua puluh lima tahun kemudian, Kesultanan Sambas memberi kekuasaan kepada para kongsi di Monterado untuk mengatur pemerintahan sendiri. Sejak itulah lahir negeri kecil bernama Republik Monterado.

Meskipun menjadi negara boneka Kesultanan Sambas, Republik Monterado diberi kekuasaan mengatur pemerintahan, pengadilan, keamanan, dan lainnya. Namun, mereka wajib tunduk kepada Kesultanan Sambas dan wajib membayar upeti setiap bulan.

Selama satu abad, kongsi-kongsi Cina di bawah pemerintahan Republik Monterado telah mengupas lapisan-lapisan emas di Monterado. Penambangan emas lantas dilanjutkan oleh Belanda, ketika Republik Monterado berhasil dikalahkan Belanda pada tahun 1856.

Sebagai ladang emas yang sudah didulang sejak abad 16, mestinya Monterado telah menjadi daerah kaya dan maju. Tetapi hingga sekarang, Monterado masih desa biasa. Jalannya banyak yang rusak dan berlubang-lubang. Rumah-rumah penduduk masih tetap sederhana.

Kejayaan Monterado sebagai ibukota Republik Monterado tinggal cerita. Satu-satunya tanda kejayaan Monterado yang tersisa hanyalah tiang kayu bekas tiang panji-panji Kesultanan Sambas dan makam tua orang-orang Cina abad 17.

Monterado terletak di wilayah Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.
(Sumber : Kidnesia.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar